-->

Pengertian Tasamuh dan Dalilnya



PENGERTIAN TASAMUH
TASAMUH
Dalam bahasa Arab arti tasamuh adalah "sama-sama berlaku baik, lemah lembut dan saling pemaaf." Dalam pengertian istilah umum, tasamuh adalah "sikap akhlak terpuji dalam pergaulan, di mana terdapat rasa saling menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran Islam."

Menurut bahasa berarti tenggang rasa, sedangkan menurut istilah Tasamuh berarti menghargai sesama. Ada yang bilang maksud dari Tasamuh/toleransi adalah bersikap menerima dan damai terhadap keadaan yang dihadapi, misalnya toleransi dalam agama, maksudnya antar agama saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing tidak saling menganggu.

Dan ada juga yang bilang bahwa Tasamuh atau toleransi adalah sikap menghormati orang lain untuk melaksanakan hak-haknya. Kita tidak boleh memandang rendah suku bangsa, agama, atau kebudayaan daerah lain, apalagi bersikap menghina, membenci, atau memusuhinya.


Selain itu makna tasamuh juga dapat diartikan sabar menghadapi keyakinan-keyakinan orang lain, pendapat-pendapat mereka dan amal-amal mereka walaupun bertentangan dengan keyakinan dan batil menurut pandangan, dan tidak boleh menyerang dan mencela dengan celaan yang membuat orang tersebut sakit dan tersiksa perasaannya. Asas ini terkandung dalam banyak ayat Al-Qur'an diantaranya:

"Dan janganlah kalian mencela orang-orang yang berdo'a kepada selain Allah, yang menyebabkan mereka mencela Allah dengan permusuhan dengan tanpa ilmu. Demikianlah Kami menghiasi untuk setiap umat amalan mereka, lalu Dia mengabarkan kepada apa yang mereka lakukan". (QS.Al-An'am:108)


Dalil Tasamuh
Dalil Tentang  Tasamuh :
Al- Qur’an Al Hujarat Ayat 13
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

 Artinya : Hai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling

…Dan tolong menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebaikan dan taqwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan (QS Al Maidah 2 )


Manfaat Tasamuh
Sikap tasamuh memiliki banyak manfaat dalam kehidupan diantaranya :
  • Mempererat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan di antara manusia
  • Menjaga dan menghormati kewajiban dan hak orang lain
  • Menjaga norma-norma agama, sosial, dan adat istiadat
  • Mengembangkan sikap hormat menghormati dan tenggang rasa terhadap sesama manusia
  • Menghindarkan dari tindakan kekerasan dan kekacauan.
  • Mempermudah dalam kehidupan bermasyarakat
  • Meningkatkan derajat manusia, baik di hadapan orang lain ataupun di hadapan Allah swt
  • Menciptakan kasih sayang terhadap sesama
  • Menumbuhkan sikap bertanggung jawab terhadap kehidupan di lingkungan masyarakat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter