-->

Pengertian Promosi, Tujuan Promosi, Bentuk Promosi dan Manfaat Promosi

Dibawah ini adalah Penjelasan singkat Tentang Manajemen Promosi, mungkin teman-teman tinggal melengkapi saja apa yang menurut anda masih kurang lengkap atau kurang rapi dalam segi penulisan.
dan Semoga bermanfaat bagi teman-teman SMK Kelas X dalam menyelesaikan tugas.


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Promosi berasal dari Bahasa Inggris "Promote" yang berarti meningkatkan atau mengembangkan. Pengertian tersebut bila digunakan dalam bidang penjualan berarti alat-alat untuk meningkatkan omset penjualan. Pengertian promosi dapat dipandang berbeda dalam hal produsen dan konsumen. Bagi Produsen promosi adalah kegiatan untuk menginformasikan produk atau jasa, membujuk konsumen untuk membeli serta meningkatkan para konsumen untuk tidak melupakan produk. Sementara bagi konsumen pengertian promosi adalah komunikasi antara produsen dan konsumen. Kegiatan promosi adalah salah satu cara perusahaan barang atau jasa untuk meningkatkan Volume penjualan produknya.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa pengertian promosi dalam pemasaran?
2. Apa fungsi promosi dalam pemasaran?
3. Bagaimana strategi promosi dalam pemasaran?
4. Apa tujuan promosi dalam pemasaran?
5. Bagaimana cara promosi?

C. TUJUAN PENULISAN

1. Supaya lebih mengerti pengertian promosi dalam pemasaran
2. Menambah pengetahuan tentang promosi dalam pemasaran
3. Supaya mengetahui fungsi promosi dalam pemasaran
4. Supaya mengetahui strategi promosi dalam pemasaran
5. Supaya mengetahui tujuan promosi dalam pemasaran
6. Supaya lebih mengerti cara promosi dalam pemasaran.

BAB II
PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN PROMOSI

Promosi adalah aktifitas komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak menjual atas suatu produk yang ditujukan kepada khalayak umum dengan maksud dan tujuan untuk mengenalkan atau memberitahukan produk merek produk atau perusahaan untuk membujuk atau mempengaruhi khalayak umum agar mau membeli serta menggunakan produk serta untuk mengingatkan kepada khalayak tentang produk merek atau perusahaan.

Pengertian Promosi menurut beberapa para ahli, yaitu :

1. Menurut Stanton (1993)
Promosi adalah kegiatan memberikan infromasi kepada konsumen memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai

2. Menurut Swatha (1991)
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3. Menurut Zimmerer (2002)
Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk mengiformasikan pelanggan tetang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang dan jasa tersebut yang mencangkup publisitas penjualan perorangan dan periklanan.

4. Menurut Saladin (2003)
Promosi adalah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan mengingatkan dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

B. TUJUAN PROMOSI


Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapaun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :


  1. Untuk menyebarkan infromasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
  2. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
  3. Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  4. Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitornya.
  5. Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.
Jadi tujuan utama dari promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan.

C. BENTUK-BENTUK PROMOSI

1. Advertising
Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Secara garis besar Advertising adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

Advertising/Iklan memiliki karakteristik, antara lain :
  • Suatu bentuk komunikasi
  • Menggunakan media Massa sebagai masifikasi pesan
  • Nonperonal komunikasi
  • Menggunakan Sponsor yang jelas.
  • Bersifat mempersuasi khalayak
  • Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
Berdasarkan tujuannya, Iklan diklasifikasikan menjadi 3 jenis, Yakni :
  • Iklan Infromatif (Infromatif Advertising) Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentangn produk atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada.
  • Iklan Persuasif (Persuasif Advertising). Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa
  • Iklan Reminder (Reminder Advertising). Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa, menjaga kesadaran akan produk, menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Berdasarkan macam media yang digunakan, maka Advertensi dibedakan menjadi :
  • Advertensi cetak seperti Koran, Majalah, Tabloid, dll
  • Advertensi Elektronik seperti Website, Radio, Televisi, dll
  • Transit Advertising seperti Buletin, Poster/Spanduk, Stiker dll.
  • Kiriman langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung melalui pos kepada calon pembeli yang memang sudah target.
  • Advertensi khusus yaitu segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah.
2. Personal Selling
Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembeli. Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada.

Menurut Kotler, Penjualan perorangan (personal selling), yaitu penyajian atau presentasi pribadi oleh tenaga penjual perusahaan dengan tujuan menjual dan membina hubungan dengan pelanggan.

3. Sales Promotion
Promosi Penjualan (sales promotion) adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diukur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

Menurut Definisi Kotler, Promosi penjualan (sales promotion) yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk dan jasa. "Promosi penjualan termasuk berbagai jenis peralatan yang mempunyai sifat unik seperti kupon, perlombaan, pemotongan harga, hadiah dan lain-lain.

4. Publishing
Publishing adalah upaya perusahaan untuk mendukung, membina citra perusahaan yang baik dan menangani atau menangkal isu, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan hubungan dengan masyarakat.

5. Direct Marketing
Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respon atau transaksi. respon yang dihasilkan bisa berupa Inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.

Direct Marketing menggunakan bermacam-macam media, Seperti :
  • Direct Mail. Sering disebut sebagai junk mail atau surat yang tidak kita harapkan kedatangannya.
  • Catalog. Katalog cukup banyak digunakan oleh perusahaan dalam direct marketing, bahkan ada yang sepenuhnya tergantung pada katalog.
  • Broadcast Media. Media yang paling digandrungi pada direct marketers adalah TV dan radio.
  • Infomercial. adalah iklan Komersial yang berdurasi lama, mencapat 30-60 menit. bentuk acaranya seperti : Program TV biasa.
  • TV Advertorial. Advertorial digunakan untuk menunjukkan pada pemirsa tentang seluk-beluk produk dalam acara TV sepanjang beberapa menit.
  • Teleshoping. Penggunaan saluran telepon gratis dikombinasikan dengan kartu kredit membuat peningkatan yang cukup signifikan pada pembelanjaan melalui televisi.
  • Print Media. Koran dan Majalah merupakan media yang sulit untuk digunakan sebagai alat direct marketing.
  • Telemarketing. Telemarketing merpakan sales lewat sambungan telepon
  • Electronik Teleshopping. Merupakan belanja online dan penerimaan layanan informasi melalui PC. Internet Shopping adalah media direct response yang digunakan oleh direct marketing tradisional sekalipun.

D. MANFAAT PROMOSI

Adapaun manfaat atau fungsi promosi bagi perusahaan atau bisnis lainnya :
  • Untuk mengetahui produk yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen
  • Untuk mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk
  • Untuk mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga ke tangan konsumen.
  • Untuk mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
  • Untuk mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.
  • Untuk mengetahui kondisi persaiangan pasar dan cara mengatasi hal tersebut.
  • Untuk menciptakan image produk.
E. FUNGSI PROMOSI

Menurut Terence A. Shimp (2000:7) Promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. kelima fungsi tersebut dijabarkan sebagai berikut :

1. Infroming (Memberikan Informasi)
Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuath perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa. Promosi menampilkan peran informasi bernilai lainnya, baik untuk merek yang diiklankan maupun konsumennya, dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek yang telah ada.

2.Persuading atau Membujuk
Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk. Lebih sering, promosi berupaya untuk membangun permintaan sekunder, permintaan bagi merek perusahaan yang spesifik.

3. Reminding atau Mengingatkan
Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan, dampak promosi di masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak konsumen. Periklanan lebih jauh didemonstrasikan untuk mempengaruhi pengalihan merek dengan mengingatkan para konsumen yang akhir-akhir ini bnelum membeli merek yang tersedia dan mengandung atribut-atribut yang menguntungkan.

4. Adding Value (Menambah Nilai)
Terdapat tiga cara mendasar dimana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran-penawaran mereka, inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benar-benar independen. Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.

5. Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari Perusahaan)
Periklanan merpakan salah satu alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan. Iklan mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal denga para pelanggan yang prospektif. Upaya, waktu, dan biaya periklanan dapat dihemat karena lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memberikan informasi kepada prospek tentang keistimewaan dan keunggulan produk jasa. Terlebih lagi, iklan melegitimasi atau membuat apa yang dinyatakan klaim oleh perwakilan penjual lebih kredibel.
Maka sebenarnya fungsi promosi juga memiliki tujuan untuk memenangkan persaiangan dengan kompetitor. salah satu strategi memenangkan persaiangan dalam dunia pemasaran atau promosi adalah menggunakan Public Relations dengan baik.

F. SARARAN PROMOSI
  1. Seluruh masyarakat pengguna (konsumen) barang atau jasa
  2. Para pembeli barang dan jasa
  3. Pelanggan
  4. Para distributor dan agen yang bersedia menjualkan barang dan jasa.
  5. Para pesaing dan pedangan besar maupun pedagang kecil.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter